Thursday, October 18, 2018

Parenting Training : Komunikasi Efektif Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Anak Usia Dini


Komunikasi Efektif Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Anak Usia Dini

Tanggal : Minggu, 18 November 2018.
Waktu : 09.00 - 12.30 WIB
Tempat : Grand Sarila Hotel, Jl. Affandi no.6, Gejayan, Yogyakarta.

Narasumber:
- Nurul Hidayati, S.Farm, Apt (Bunda Shello)
- Early Dewi Nuriana, S.Psi.Psikolog (Pembina Daycare/TPA/KB ESKID, Konsultan ILO untuk Gender dan HIV)

Special Perform : Pantomim Kids

Kontribusi Rp 75.000,- [lunch & Doorprize]

Training ini didukung oleh : Eskid (Early Shine Kid) Yogyakarta

Eskid [ Infant - Toddler - Nursery - Daycare - After school ]

Alamat:
Griya Arga Permai DD-1
Kwarasan, Jalan Godean km 4, Jogja, Indonesia.

Telepon dan WhatsApp : 0 8 5 7   7 7 6 5   8 4 9 4  /  0 8 9 5   4 0 1 6  7 4   3 6 1

Instagram : e s k i d d a y c a r e j o g j a

facebook : Eskid

Tuesday, April 3, 2018

Kembali ke Sekolah Bersama Eskid



Whats App: 0857. 7765. 8494

Instagram: 0895. 4016.74361

Instagram: eskiddaycarejogja

Facebook : Eskid

Sunday, March 25, 2018

Tema: Mengenalkan Alat Komunikasi Modern Telepon Genggam /Telepon Kabel dan Menstimulasi Aspek-Aspek Perkembangan pada Anak usia 3-4 tahun

Tema: Mengenalkan Alat Komunikasi Modern Telepon Genggam /Telepon Kabel dan Menstimulasi Aspek-Aspek Perkembangan pada Anak usia 3-4 tahun


Untuk mengenalkan tema alat komunikasi modern pada anak usia 3-4 tahun, ayah bunda dapat melakukan dengan berbagai macam cara. Ini adalah salah satu kegiatan edukasi pada anak yang dapat menstimulasi beragam aspek perkembangan anak dengan satu aktivitas.


1. Menceritakan apa itu telepon genggam (Aspek Kognitif). 
2. Mengajak anak menggunting kertas sesuai pola dengan kertas warna-warni,  menempel (Koordinasi Motorik Halus dan Level Konsentrasi).
3. Mengenalkan ragam warnanya dan kegunaan menelpon (Aspek kognitif).
4. Kemudian mempraktekkan peran menelpon teman/ayah bunda (Aspek Komunikasi dan Sosial).
5. Menanyakan pada anak bagaimana perasaannya setelah membuat telepon berkabel/telepon genggam (Aspek Emosi). 
6. Mengucapkan pujian atas semangat/motivasi dan keberhasilannya mengerjakan aktivitas sampai selesai contoh: "Wah, bagus sudah bisa menempel sampai selesai" (Aspek Kepercayaan Diri)
7. Mengucapkan terima kasih pada teman-teman sudah saling membantu dalam membuat telepon genggam (Aspek Moral). 

Kegiatan ini sederhana, bukan? Hanya dengan satu kegiatan bila dicermati sungguh-sungguh, kita akan dapat menstimulasi dan memonitoring sejauh mana ragam aspek perkembangan itu sudah muncul pada anak. 
Selamat mencoba😍😍

(Psikolog Eskid Daycare)

Eskid [ Infant - Toddler - Nursery - Daycare - After school ]

Alamat:
Griya Arga Permai DD-1
Kwarasan, Jalan Godean km 4, Jogja, Indonesia.

WhatsApp : 0 8 5 7 - 7 7 6 5 - 8 4 9 4 /  0 8 9 5   4 0 1 6   7 4 3 6 1

Instagram : e s k i d d a y c a r e j o g j a

facebook : E s k i d



Tema : Mengenalkan Alat Komunikasi Modern pada anak usia 2-3 tahun

Tema : Mengenalkan Alat Komunikasi Modern pada anak usia 2-3 tahun. 

Edukasi stimulasi pada anak usia 2-3 tahun yang sedang dominan aspek komunikasi dasarnya dengan pelafalan kata-katanya, maka edukasi aspek perkembangannya dapat dilakukan dengan cara bermain peran menggunakan benda seperti telepon genggam (HP) atau telepon berkabel. 

1. Mengenalkan ragam warna dari benda (HP/alat permainan bowling yang seolah-olah adalah HP), bertanya pengalaman menelpon ayah bunda (Aspek Kognitif). 
2. Mengajak anak secara berpasangan memegang alat telepon yang terhubung tali antara satu anak dengan anak lain sehingga mereka akan mulai menarik tali atau memegang telepon dan seolah memencet nomor (motorik kasar bagian lengan, motorik halus memegang tuts HP). 
3. Mengajak anak mulai menelpon kawannya dan berbicara bergantian (Aspek Komunikasi Dasar dan Aspek Sosial).
4. Mengajak anak bergantian peran dan berpindah tempat pula beberapa kali menelpon  teman, ayah, dan bunda (Aspek Sosial).
5. Memuji keberanian anak dalam berkomunikasi dengan teman lewat bermain telepon (Aspek Emosi terkait Kepercayaan Diri).
6. Mengajak anak mengucapkan terima kasih pada kawan /ayah bunda yang bermain dengannya (Aspek Moral).

Sederhana, bukan? Dengan kegiatan sederhana, namun bila dicermati dan dimotivasi prosesnya secara bertahap, kita dapat menstimulasi dan mengetahui sudah sejauh mana aspek perkembangan anak yang telah muncul terutama menstimulasi aspek kejelasan pelafalan kata-kata dalam berkomunikasi dasar sebagai ketrampilan awal sosialisasi di tahap usia berikutnya. 
Selamat mencoba 😍😍

Early Dewi Nuriana, S.Psi., Psikolog
(Pemilik dan Penasehat Pengembangan Program Edukasi Eskid)



Eskid [ Infant - Toddler - Nursery - Daycare - Afterschool ]

Alamat : 
Griya Arga Permai DD-1
Kwarasan, Jalan Godean km 4, Jogja, Indonesia.

Telepon dan WhatsApp : 0 8 5 7 - 7 7 6 5 - 8 4 9 4

WhatsApp : 0 8 2 3 - 8 3 2 8 - 5 6 9 2

Instagram : e s k i d . d a y c a r e j o g j a

facebook : E s k i d 




Monday, April 17, 2017

Parenting Training : MENGOPTIMALKAN KECERDASAN BATITA DENGAN PERMAINAN SEDERHANA

Untuk UMUM
PARENTING TRAINING :
MENGOPTIMALKAN KECERDASAN BATITA DENGAN PERMAINAN SEDERHANA.

Bersama : Early Dewi Nuriana, S.Psi, Psikolog
(Pembina Daycare dan Playgroup Eskid)

Acara : Minggu, 21 Mei 2017.
Waktu : 09.00 - 12.00 WIB.
Tempat : Griya Arga Permai, DD-1, Kwarasan, Jl. Godean km.4, Yogya.

Fasilitas :
- Snack.
- Materi.

Pendaftaran :
18 April - 7 Mei : Rp 40.000,-
8 - 19 Mei : Rp 50.000,-

Kontak : WA 0857.2822.9808

Supported by : Eskid (Early Shine Kids)


Thursday, April 13, 2017

Kecenderungan Penggunaan Tangan Kiri Pada Anak Usia Di Bawah 3 Tahun (Batita).

Penggunaan tangan kiri dengan frekuensi berkali-kali pada anak usia di bawah 3 tahun belum tentu membuat ia menjadi Kidal (Left Handed). Berdasarkan penelitian hanya ada sekitar 10-12 % populasi left handed di dunia ini, yang diidentifikasi karena faktor genetik.

Pada anak kidal di usia dewasa memiliki kecenderungan kontrol ototnya lebih didominasi pada otak kanan, yang juga berperan dalam mengelola emosi, kreativitas, dan sensitivitas.

Pada anak yang masih di bawah 3 tahun, tugas perkembangan anak adalah mengoptimalisasi keseuruhan motorik halus dan kasar, keseimbangan kanan dan kiri. Frekuensi penggunaan tangan kiri berkali-kali tak perlu dikhawatirkan menjadi kidal. Yang penting adanya keseimbangan stimulasi  frekuensi  dengan penggunaan tangan kanan & kiri, serta  memotivasi anak aktif menggunakan seluruh ototnya untuk bergerak ekspresif/berinisiatif.

Upaya ini membantu perkembangan otak kanan dan kiri secara optimal untuk merespon /mengontrol otot baik sisi kanan dan kiri, motorik halus dan kasar.

Bagaimana bila usia di bawah 3 tahun, anak masih sering menggunakan respon dengan tangan kiri?

1. Secara budaya kita memang sudah terbiasa memberi nilai positif terhadap tangan kanan kita (sopan,hormat, baik, dll). Namun bagi anak di bawah 3 tahun fokus nya adalah optimalisasi keseimbangan dan pelatihan otot kasar dan halus (baik kanan ataupun kiri). Maka, pada saat anak masih merespon dengan tangan kiri, upayakan seminim mungkin/ hindari pelarangan verbal /langsung/yang mengagetkan bila menggunakan tangan kiri (hindari kata jangan, merebut barang yang sdh  diambil dengan tangan kiri atau kata-kata yang bernada negatif - tangan jelek tangan bau dll ) karena anak usia di bawah 3 tahun, anak belum paham konsep moral baik dan buruk.  Pelarangan yang dilakukan secara tiba-tiba /kalimat negatif (tangan kiri jelek/buat cebok) dapat membuat anak menjadi sensitif dan dapat membatasi respon ekspresi mereka sehingga  anak bisa mudah jadi sedih, kaget dan menjadi tidak percaya diri.

2. Bila ada kecenderungan beberapa kali reflek menggunakan tangan kiri, arahkan /alihkan/pembiasaan secara konsisten setiap hal yang mau kita berikan ke sisi kanan anak sehingga akan tanpa sadar memancing respon anak menggunakan tangan terdekat dari obyek (ke tangan kanan) tanpa ia merasa bersalah.

3. Memberi contoh penggunaan tangan kanan dengan cara berada di sampingnya (bukan di depannya) , jadi lebih mudah untuk dicontoh oleh anak.

4. Beri afirmasi /penguatan positif bila anak menggunakan tangan kanannya : terima kasih, bagus dengan tangan kanan.

Pada anak-anak yang memang secara genetik kidal, upaya stimulasi tersebut di atas akan membantu keseimbangan penggunaan tangan kanan secara optimal karena memang bagi orang kidal, ada kecenderungan dominansi otak kanannya terhadap otot (merasa lebih enak/cepat reflek dengan tangan kiri).  Penting pula  tetap memastikan anak yang pada akhirnya kidal, tetap dapat membangun rasa percaya diri walaupun berbeda dengan anak-anak pada umumnya.

Sampai bertahap pada usia 5 s/d 7 tahun di mana konsep moral sederhana sudah mampu dicerna, ia baru bisa paham penuh bahwa tangan kanan lebih sopan secara budaya/sosial. Walaupun ia akhirnya kidal, dia tetap dapat paham dan aplikasi sendiri kapan pakai tangan kiri kapan pakai tangan kanan (sesuai konteks sosial).

Pada anak yang sebenarnya tidak kidal, stimulasi konsisten ini dapat membiasakan anak aktif menggunakan tangan kanannya secara konsisten pula dan tetap percaya diri juga untuk berekspresi walau menggunakan tangan kiri.. :-)

Semoga bermanfaat buat kita semua di sore hari ini. Salam.

*sumber : dihimpun dari berbagai sumber

Penulis : Early Dewi Nuriana, S. Psi., Psikolog
(Pemilik dan Penasehat Program Edukasi Eskid)


Eskid [ Infant - Toddler - Nursery - Daycare - Afterschool ]

Alamat:
Griya Arga Permai DD-1
Kwarasan, Jalan Godean km 4, Jogja, Indonesia.

Telepon dan WhatsApp : 0 8 5 - 7 7 7 - 6 5 - 8 4 - 9 4

WhatsApp : 0 8 2 3 - 8 3 2 8 - 5 6 9 2

Instagram : e s k i d . d a y c a r e j o g j a


facebook : E s k i d



Monday, March 27, 2017

Alamat Eskid Daycare Jogja Terbaru dan Kontak

E  S  K  I  D

Infant Toddler Playgroup Daycare

Griya Arga Permai DD-1
Kwarasan, Jalan Godean km 4, Jogja. Kelurahan Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

WhatsApp : 0 8 5 - 7 7 7 - 6 5 - 8 4 9 4  /  0 8 9 5   4 0 1 6   7 4 3 6 1

         
Instagram : e s k i d d a y c a r e j o g j a
  
facebook : E s k i d